Kamis, 17 November 2011

KETIKA PETIR MENYAMBAR MENARA/TOWER BTS, SIAPAKAH YANG RUGI...?



Penjelasan mengenai kerusakan yang terjadi disekitar manara/tower BTS oeh sambaran petir, sebenarnya sederhna sekali.

penulis brani mengklaim bahwa 99% kerusakan yang terjadi disekitar menara/tower BTS memang diakibatkan oleh sambaran petir yang menghantam menara/tower BTS.

Analisa teknisnya;
Tinggi tower minimal 50meter, dan sebelum ada tower tinggi pepohonan, antena tv, rumah penduduk kurang dari 25meter. dan tinggi tersebut bila ada petir menyambar kurang lebih 10 KA.
BERDASARKAN RUMUS golde dan Rolling SpareTheory jarak sambungan petir kurang 50meter.
Jadi bisa dipastikan yang tersambar petir pada area tersebut adalah menara/tower BTS yang telah berdiri itu.
Material tower pasti dari metal, ketika terjadi badai petir, semua yang ada dibumi mengalami suatu proses yang disebut ionisasi (berkumpulnya ion ion positif bumi pada bagian ujung sebuah meterial).
bila material dengan bahan metal dengan konduktifitas tinggi serta bentuk tower meruncing sangat mendukung high ionization, menyebabkan probabilitas tersambarnya tower akan semakin tinggi.

Ketika petir menyambar tower, effek effek petitr yang akan terjadi adalah:
Sambaran langsung (direct striking) mengingat kontruksi dan kekuatan meterial tower. bisa dipastikan secara fisik tidak akan berpengruh apa apa terhadap tower.
Sambaran tidak langsung :
1. Galfanic coupling (sambaran olleh tanah) pada saat petir menyambar, arus petir akan masuk kebumi, dan akan menyebabkan yang namanya GPR (Ground Potential Rising) atau kita sebagai kenaikan tegangan tanah.
luasnya cakupan GPR mencapai 1(satu) kilo meter dari titik sambaran.jadi semakin dekat dengan titik sambaran GPR akan semakin besar.
Tetapi perangkat yang di dalam Shelter tidak mengalami kerusakan karna telah memiliki/dilengkapi dengan System Proteksi Petir (Integrasi Grounding, Arrester dan lain lain )

Bagaimana dengan rumah penduduk, tanaman yang menjulang, antena tv, bangunan dan lain lain yang berada di sekitar menara/tower tersebut.........?
2. Inductive Coupling pada saat sambaran petir mengenai tower maka akan timbul medan elektro magnetic dengan kecepatan yang cukup tinggi. yang akan menginduksi semua meterial kedalam radius 1 (satu) kilo meter.

Lagi lagi Shelter (system perkakas tower) tidak mengalami kerusakan karena sudah di pasang alat pemotong tegangan tinggi (Arrester). Bagaimana benda yang berada didalam area radius tower .............?
3. Kapasitas Couling besarnya muatan petir yang mengenai tower menyebabkan terjadinya potention diference antara tower denga meterial material di sekelilingnya, yang akan menyebabkan terjadinya loncatan energi (Discharge).

Kenapa meterial/peralatan yang berada di tower BTS tidak mengalami kerusakan...?
karena semua material/peralatan yang dipergunakan didalam tower BTS telah terbonding (terkait)/ terintegrasi satu sama lain, mulai dari pagar, shelter, rangka shelter, tower, tiang lampu, tiang listrik internal dan perlengkapan lainya.
Jadi jelas tidak ada beda potensial didalam BTS.

Tetapi..... bagaimana dengan material / keslamatan manusia, hewan, tanaman dan lain lain yang brada didalam radius/area tower/menara BTS ..........??


 dishare oleh tulusanc free, sumber dari restinchaos dan diperkuat oleh beberap sumber senada.

4 komentar:

  1. Balasan
    1. sama-sama shob.. maaf baru tahu ada komentar, maaf jarang sekali saya tengok tempat ini..
      terima kasih kunjunganya.

      Hapus
  2. Saya mau nanya om bila tower kesamber petir lalu mcb kwh trip semua. Nah pertanyaan saya jika mcb kwh di naik kin bahaya tidak

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksud dinaikin apanya ya shob..?
      maaf jarang sekali tengok sini..

      terima kasih kunjunganya

      Hapus